Cara Uninstall Bloatware

Taukah anda, program yang dapat mengganggu pekerjaan dan bermain anda? Ini sering kali dinamakan Bloatware. Seperti apa Bloatware tersebut?

Bloatware merupakan program yang dapat dijalankan dengan sendirinya (Bisa pas selesai booting, atau anda menggunakan PC lebih dari 1 jam (Dan kelipatannya)). Techquickie pernah menjelaskan tentang Bloatware, program yang dapat mengganggu anda.

Jadi, ini bisa terjaki jika kita menginstall aplikasi tidak terlalu hati-hati. Bagaimana kita bisa menghilangkan Bloatware? Pasti ada caranya. (Cara ini bersifat Optional, bukan step-by-step)

Membuang secara manual lewat Revo Uninstaller

Revo Uninstaller merupakan aplikasi uninstaller agar anda dapat menguninstall program secara manuall. Namun, saya tidak merekommendasikan anda untuk menguninstall program lewat Revo. Kecuali jika anda tidak bisa menguninstall program, baru anda dapat menggunakan Revo.

  1. Download Revo Uninstaller
  2. Buka program ini
  3. Uninstall program anda yang tidak diinginkan
  4. Selesai (Ulangi step 3 jika anda ingin menguninstall program lainnya)

Reinstall Windows

Anda juga dapat reinstall Windows anda. Reinstall Windows dapat membuang software dan memindah data anda ke Windows.old (Jika anda tidak memilih nothing).

Berhati-Hati saat menginstall

Salah satu cara agar anda tidak terkena Bloatware adalah selalu berhati-hati saat menginstall program anda (Terutama jika anda mempunyai PC Baru / reinstall Windows). Inilah tips-tips agar anda selamat dari Bloatware:

  1. Selalu download dari home page
  2. Selalu lihat checkbox dari download page
  3. Jangan klik Next tanpa membaca terlebih dahulu
  4. Selalu memilih custom install
  5. Baca setiap checkbox
  6. Berhati-hati jika anda menyetujui offer

Sumber (LifeHacker)