HDMI vs VGA vs DVI

Ada beberapa Kabel monitor yang sudah ada di zaman ini. Saya mengambil HDMI, VGA, dan DVI untuk melakukan perbandingan.

HDMI

Beberapa TV, Monitor, PC, atau pun Notebook baru sudah mulai menyediakan port HDMI sebagai External Monitor. Ini merupakan generasi baru dari Display Output. Dulu, HDMI ini memiliki limitasi FPS (Contoh, maximum FPS di semua TV: 30 fps. Jika anda mempunyai TV 4K, maka anda mendapatkan hanya 30 FPS), sekarang barulah limitasi sudah tiada berkat HDMI 2.0 yang memiliki 60 FPS. Namun, anda membutuhkan hardware baru / TV baru. HDMI ini sudah termasuk audio.

Sumber Gambar (The WireCutter(Link))

VGA

VGA merupakan port yang sudah ada sejak tahun 1987. Dan masih kebanyakan orang yang menggunakan VGA karena relatif murah. Namun, disaat saya memakai VGA dan memutar video 60 FPS, hasilnya sangat memuaskan dan bekerja dengan baik. Akan tetapi, lama kelamaan pengguna VGA akan menurun karena meningkatnya pengguna HDMI.

Sumber Gambar (Serious Severity(Link))

 

DVI

DVI biasanya anda dapatkan di VGA dan Monitor (PC dan Notebook tidak menggunakan DVI) dan biasanya digunakan untuk monitor gaming (Sebelum adanya HDMI). Jika anda mempunyai singe-link, maka yang anda dapatkan 1,920 x 1,200. Namun jika anda memiliki dual-link, maka anda mendapatkan lebih.

Sumber Gambar (Tom’s Hardware(Link))