Kelebihan dan Kekurangan Root di Android

Sampai sekarang, anda banyak developer, maupun pengguna Android yang ingin root Smartphone Android untuk menginstall ROM, membuka fitur yang hanya untuk root Device, ataupun untuk developing.

Dan, yang jadi pertanyaan sampai sekarang ini adalah Kelebihan dan Kekurangan dari Root di Android. Apa saja? Simak berikut ini.

Kelebihan

 

Sumber Gambar (Gizmodo)

Bisa install Custom ROM

Jika Smartphone anda sudah diroot, anda bisa menggunakan Custom ROM seperti Cyanogen, dan ROM lainnya (Semua ROM ada di XDA-Developer). Anda juga bisa menikmati percobaan Android baru dengan cara menginstall ROM di Smartphone anda (INGAT: Jangan menginstall di Smartphone yang sering anda pakai untuk mencoba ROM yang belum stabil. Gunakan Smartphone kedua/cadangan untuk mencoba ROM baru)

Sumber Gambar (Android Police)

Membuka Root Access

Jika anda belum root, pastinya anda tidak akan bisa membuka fitur-fitur ang membutuhkan root. Itulah mengapa beberapa orang pengguna Android mengroot Smartphone untuk membuka Root Access (Seperti: Firewall, Advance Scan, Screen Recorder, dll).

Sumber Gambar (Android Authority)

Cocok untuk para Developer

Para developer bisa menggunakan Smartphone yang telah di root untuk mengetes aplikasi / ROM yang telah dibuat.

Kelemahan

Tidak hanya keleihan yang ada di root. Root juga ada kelemahan. Salah-satunya adalah:

Merusak Smartphone

Root bisa juga merusak Smartphone anda (Karena malware, bloatware, dan lain-lain yang menyebabkan rusaknya Smartphone). Perlu diingat, root tidak merusak Hardware Smartphone, tapi akan merusak dan mengacaukan Android jika tidak merawat dengan benar (Seperti: Install ROM yang salah, Install ZIP yang mengandung malware, dan lain-lain).

Perlu diingat, anda boleh install Root, tetapi anda harus mengerti gejala-gejala yang akan dialami oleh Smartphone anda setelah Root.

Sumber Gambar Utama (SpyMasterPro)