Upgrade PC atau Beli PC?

Jika PC anda ingin diupgrade / rusak, apakah anda ingin Upgrade PC atau Beli PC yang baru? Sebelum anda melakukan itu, anda wajib membaca ini agar tidak salah pilih pilihan anda.

Ini yang sering terjadi di sekitar kita. Jika ada yang ingin upgrade, ada yang beli hardware baru buat upgrade PC. Dan juga, ada yang rusak, beli yang baru. Perlu diperhatikan bahwa anda harus mengecek dulu PC anda sebelum Upgrade PC / Beli PC Baru.

Cara mengecek PC:

  • Download CPU-Z dan cek spesifikasi PC anda yang menurut anda kurang puas untuk PC anda (RAM kurang, Harddisk Kurang) (Upgrade is Recommended)
  • Jika PC anda sering mati, pastikan anda ketahui masalah-masalah dibawah ini
    • Sering mati karena PSU (Bisa nyala, tapi kemudian mati) (Upgrade is┬áRecommended) (Ganti PSU)
    • Sering mati karena kesalahan hardware (Bisa nyala, tapi kemudian mati) (Upgrade / Buy is Recommended) (Ganti hardware yang rusak / Beli yang baru) (Cara ini jangan dipakai dulu jika anda belum yakin)
    • Mati sama sekali (Jika anda yakin karena ada beberapa hardware yang rusak, maka Upgrade is Recommended. Namun, jika anda masih belum yakin, Buy a New is Recommended)
  • Download BatteryCare dan cek kapasitas baterai PC anda (KHUSUS LAPTOP) (Upgrade is Recommended jika baterai anda benar-benar kehabisan kapasitas baterai (Cepat habis))

Kalau begitu, saya akan menjelaskan tentang Upgrade vs Buy

Upgrade PC

Jika anda benar-benar ingin meningkatkan kinerja / performa PC anda, anda diharuskan upgrade ketimbang dengan beli. Karena hampir semua PC yang anda rakit bisa diupgrade (Sebelum anda upgrade, anda diwajibkan mengetahui apakah hardware baru (Untuk upgrade) yang ingin anda pasang benar-benar cocok / Compatible). Kalau untuk Notebook, anda hanya dapat upgrade Memory RAM, Baterai Laptop, dan Harddisk (HDD), sehingga jika anda ingin menggunakan hardware yang baru (Processor, VGA), anda butuh membeli PC yang baru. Dan, jika PC anda benar-benar rusak karena hardware, anda bisa mengganti hardware yang baru (Yang sesuai), sebaliknya jikaPC anda rusak sama sekali, disarankan untuk tidak mengupgrade PC anda.

Beli PC Baru

Jika PC lama anda tidak mampu menggunakan hardware baru, anda dapat membeli PC baru (Complete Upgrade Hardware (VGA, MotherBoard, Memory Ram, HDD, PSU, Casing)). Dan, jika anda mempunyai Notebook / Laptop, namun anda ingin mengganti Processor dan VGA, anda harus mengganti / membeli Laptop / Notebook anda.

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat

Sumber Gambar (Alexandre Cote)